Friday, April 6, 2012

Memasuki Millenium ke Tiga

Dulu, sebelum kehidupan ini ada diatas bumi, Ozon juga belum ada. Ya, bumi dalam keadaan dingin sekali, es di mana2. Ini adalah tahap awal evolusi kimiawi di bumi saat berinteraksi dengan planet2 lain disekeliling termasuk matahari. Kajian sains selanjutnya .. biar tugas pakar2 yang menjelaskan .. bagi saya, cukup bilang, dengan KuasaNYA, maka ..

Makhluk hidup ada dan mendapat oksigen dari es yang mencair .. kehijauan tetumbuhan ada sebagai pertanda kelembaban ada dimuka bumi .. Ozon ada akibat evolusi kimia itu sekaligus berguna menjaga kelembaban bumi atas sinar matahari.

Kajian sains selanjutnya .. biar tugas pakar2 yang menjelaskan .. bagi saya, cukup bilang, dengan KuasaNYA, maka ..

Manusia dengan kemampuan akalnya mampu menggagas abad modern. Buku2 yang mengandung nilai2 kemanusiaan dan kebajikan hidup telah lama dicetak dan diperdagangkan. Syair2 lagu yang mengingatkan kembali terhadap nilai keluhuranpun berkumandang tak pandang tempat. Professor2 yang menentukan langkah2 kebajikan terus bekerja, para penyair tak pernah berhenti dgn tulisan2 perenungan akan makna hidup seiring para alim ulama dan tokoh agama2 menyirami setiap hati dengan ajaran kitab suci .. hingga sekarang ini kita memasuki millenia ke tiga.

mari kita prosentasekan berapa banyak kebaikan (positif) / keburukan (negatif) yang ada dan terjadi di muka bumi saat ini.. 50:50?

Hingga Ozon yang menjaga kelembaban terkoyak .. mengakibatkan sistem cuaca kacaubalau, suhu dipermukaan bumi memanas, dan energi magma inti bumi merayap mendesakkan gas2 kepermukaan bumi, lempengan kerak bumi dibawah laut terdorong geser .. abrasi dimana-mana ..

mana mungkin standar nilai kebajikan dalam sikap dan langkah manusia kini dibumi dikaji ulang, sejak nabi terakhir diturunkan dan wafat? Hmm, mungkin inilah kenapa Nabi terakhir sudah ditentukanNYA, karena jika terus menerus diturunkan babby sitter yang mengayomi, menuntun, meluruskan jalan, manusia akan seperti bayi selalu: perlu di dikte terus .. biar manusia saling merapikan diri dan alamnya sendiri ..
Kah?
Tah?

Haruskah ada tokoh yang sakti dulu baru didengar, seperti kisah2 para Nabi terdahulu? Sayang kalau nilai2 kebajikan itu cuma sibuk didagangkan sebagai penghiburan, meng onani jiwa2 gelisah .. Hmm? Sayang kalau semua itu tidak membawa dampak nyata yg lebih mencerminkan daya hidup, justru pada bumi yg menjadi panggung itu semua ..

.. si Fulan mendengar alam semesta di bumi berbisik dalam sakitnya,  omong-kosong lah atas kamu (manusia) .. sukanya kok berjalan ditempat, mengulang ulang kisah Adam Hawa?

Ya, Adam Hawa mengeksploitasi kebaikanNYA di syurga ..
manusia mengeksploitasi alamNYA ..
apakah ini suratan bahwa ..

manusia cenderung merusak tempatNYA?
ini kembali kepadaMU, sahabat2ku yang ku cinta!

Salam.

*Limo Cinere
Sept.2009

No comments:

Post a Comment